• by Whost
  • onDesember 22, 2020
  • 0 Comments

Kreasi Dan Imajinasi

Masing masing manusia mempunyai kemampuan untuk berkreasi dan berimajinasi. Imajinasi adalah awal dari terbentuknya inovasi, ide yang nantinya dapat menjadi sesuatu karya atau yang nantinya akan menjadi khayalan semata. Inovasi, imajinasi, ide dan kreatifitas semua hal tersebut tergantung lagi pada diri kita sendiri.

Kreasi Dan Imajinasi

Setiap manusia di berkati dan di berikan akal untuk berpikir dan berimajinasi itu semua adalah kemampuan dasar dari manusia. Imajinasi adalah suatu ruang pikirang bagi kita sendiri untuk menciptakan segala ide, rencana perbuatan dan keinginan yang akan kita lakukan.

Bagi manusia imajinasi merupakan hal yang amat penting, karena dengan adanya imajinasi maka manusia  dapat membuat  sesuatu ide dan kreatifitas yang baru, hal yang unik dan tentunya hal yang belum pernah di pikirkan oleh orang lainnya. Akan tetapi apa bila hanya berimajinasi tanpa adanya keinginan untuk menciptakannya, maka ide itu akan terbuang sia sia dan hanya membuang waktu

Pada dasarnya manusia memiliki dua imajinasi yaitu imajinasi sintesis dan imajinasi kreatif. Kedua dari imajinasi tersebut memiliki perbedaan dan fungsi masing-masing. Imajinasi sintesis membuat ide, gagasan, konsep atau rencana  yang sudah pernah ada menjadi sesuatu hal yang baru.

Imajinasi pada dasarnya memiliki sifat yang penuh perhitungan, mudah ditebak dan kaku. jadinya, sesuatu imajinasi yang di buat  ternyata sudah ada sebelum kita berimajinasi. Sedangkan imajinasi kreatif yaitu tingkatan lebih atas dari imajinasi sintesis, dengan imajinasi kreatif seseorang dapat mengakses jalan menuju intelegensi tanpa batas, seakan mendapat ‘ilham’. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang beresiko dan liar / kita sebut antimainstream.

Kreasi Natal

Dalam berimajinasi kita juga dapat menemukan solusi dalam menjawab masalah yang sedang kita hadapi, hal ini di karenakan sifatnya yang bebas, teratur dan bergerak ke segala kemungkinan lalu sifat ini menjadikan imajinasi dapat lebih berpengaruh dari pada suatu keilmuan. Hal ini juga telah di sampaikan oleh Albert Einstein, ‘Imagination is more powerful than knowledge’.

Dalam berimajinasi setiap manusia memiliki kamampuan untuk melakukannya. Namun, tidak semua orang dapat berimajinasi dengan kemampuan maksimal. Begitu banyak tokoh tokoh yang berpengaruh, orang orang di dunia, bahkan pengusaha sukses yang menciptakan karyanya dengan imajinasi. Sebagai contoh seorang tokoh dunia yang sudah sangat terkenal dalam kancah dunia perkartunan, Walt Diseney merupakan orangnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan imajinasi itu sama halnya seperti melakukan aktivitas lainnya, membutuhkan Latihan demi Latihan agar dapat meningkatkan dan selalu siap siaga jika ingin di gunakan. Fokus menjadi suatu bagian penting dalam melatih imajinasi. Pada dasarnya, banyak sekali orang yang berimajinasi akan tetapi tidak membuahkan hasil apapun, sampai ada yang akalnya rusak karena berimajinasi berlebihan dan tak tentu arah.

 

Apa yang dimaksud dengan kreatif/kreasi? Secara umum, pengertian kreatif adalah suatu kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memungkinkan mereka untuk melakukan terobosan atau pendekatan-pendekatan tertentu dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda-beda.

Arti kreatif juga dapat didefinisikan sebagai suatu kemampuan dalam menciptakan dan membuat hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya.

Secara estimologis, kata “kreatif” berasal dari Bahasa inggri yaitu “to crate” yang artinya membuat atau menciptakan. Sehingga arti kreatif adalah kemampuan dalam menciptakan suatu ide dan konsep dalam memecahkan suatu masalah.

 

Maka dari itu control focus merupakan kunci utama dalam berimajinasi dan berkreatifitas. Sehingga Ketika anda sudah dapat focus pada apa yang ingin anda tuju. Alhasil, akal pikiran sebagai ruang pengetahuan dan imajinasi akan berkolaborasi dalam menciptakan hal yang menajubkan. Latihan akan mengasah ketrampilan imajinasi, yang kemudian dapat menciptakan ‘percikan ide’ menghasilkan suatu kreasi ataupun inovasi yang berbeda bahkan belum terpikirkan oleh yang lain.

 

Itulah pengertian dan definisi dari kreasi dan imajinasi.

Semoga artikel ini bermanfaat.