Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Kain perca merupakan potongan – potongan kecil kain sisa jahitan yang dihasilkan dari proses produksi pakaian, tas, atau lainnya.

Sisa produksi ini ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan dari kain perca yang unik dan bernilai jual tinggi.

Keterampilan kain perca ini juga banyak yang mudah dilakukan dan sebagian sulit bagi yang baru pertama kali mencobanya.

Nah, untuk kalian yang tertarik, di bawah ini kami akan berikan beberapa tutorial kreasi kain perca yang bisa kalian coba buat.

 

1.Sarung Bantal

Kerajinan Tangan Dari Kain Perca

Contoh kerajinan dari kain perca yang pertama yaitu bantal yang bukan hanya berfungsi sebagai alas kepala saat tidur namun juga bisa menjadi benda dekorasi, terutama bantal kursi.

Kalian bisa membuat bantal menjadi lebih menarik dengan membuat sarung bantal dari kain perca. Bahan dan alat yang diperlukan adalah  potongan kain perca aneka motif dan warna, gunting, mesin jahit (bisa juga jarum dan benang), dan ritsleting.

Ukur panjang dan lebar bantal yang akan dibuat. Sambung potongan kain perca dengan cara dijahit hingga ukurannya sesuai.

Bagian belakang bisa dibuat dari kain perca juga atau kain polos. Tumpuk kedua helai kain untuk bagian depan dan belakang, jahit dengan posisi kain terbalik.

Setelah rapi, balikkan sarung bantal hingga ke posisi yang benar. Untuk penutup, Anda bisa menggunakan kancing, tali, atau ritsleting.

 

2.Bed Cover

Bed Cover

Bed Cover hasil kreasi dari kain perca ini dibuat dengan menggabungkan teknik patchwork atau menggabungkan potongan kain dan quilt atau jahit tindas.

Potong kain perca aneka motif dengan ukuran sama, lebihkan 1 cm di setiap sisinya. Rangkai potongan-potongan tersebut hingga membentuk lembaran besar sesuai kebutuhan.

Susun lembaran kain untuk bagian belakang, dakron, lalu kain bagian depan. Jahit seluruh bagian pinggirnya.

Potong empat helai kain untuk bagian pinggir, lalu jahit ke bagian tepi bed cover. Buat jahitan tindas di atas kain mengikuti sambungan antar potongan perca atau bisa juga dengan pola lain.

 

3.Selimut Bayi

Selimut Bayi

Jika kalian ingin membuat kreasi kain perca berupa selimut bayi, kalian hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yaitu kain perca bermotif polkadot dengan dua warna berbeda dan yang polos.

Sambung kain polkadot sehingga membentuk bukit. Tumpuk kain bawah, dakron, dan kain atas dan jahit menjadi satu, lalu jahit kain polkadot lainnya untuk pinggiran.

Tempelkan kain perca polos yang sudah dibuat menjadi bentuk domba, kupu-kupu, dan bunga di atas selimut.

Setelah itu, buat jahit tindas dengan pola lengkung tak beraturan di atas kain. Selimut bayi sudah siap digunakan.

 

4.Taplak Meja

Taplak Meja

Berbeda dengan bed cover, taplak meja menggunakan pelapis yang lebih tipis. Siapkan kain perca dengan lebar sesuai keinginan, tambahkan 1 cm di setiap tepi kain.

Sambungkan potongan – potongan kain itu hingga menjadi satu helai kain utama. Susun kain alas (bisa dari kain katun lainnya), bahan pelapis (misalnya busa angin), dan kain utama.

Buatlah jahitan tindas di atas kain dengan pola sederhana, misalnya mengikuti sambungan kain atau jahitan diagonal. Terakhir, rapikan taplak meja dengan menjahit kain di keempat sisinya.

 

Itulah beberapa ide kreasi yang bisa kalian gunakan dan jadikan ide untuk berjualan atau untuk digunakan sehari – hari. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang suka dengan kreativitas.