• by Whost
  • onFebruari 24, 2021
  • 0 Comments

Imajinasi, Sumber Daya Dari Kreasi dan Inovasi

Manusia memiliki kemampuan untuk berimajinasi. Imajinasi sendiri merupakan awal mula terbentuknya ide yang kemudian bisa menjadi suatu karya atau hanya menjadi khayalan semata.

Hal ini tergantung pada diri kalian sendiri. Manusia juga dikaruniai dengan akal pikiran dan juga kemampuan dasar untuk berimajinasi.

Imajinasi bagaikan sebuah ruang bagi kalian untuk menciptakan segala rencana, keinginan, dan perbuatan yang akan dilakukan.

Imajinasi merupakan suatu hal penting bagi manusia, karena dengan berimajinasi manusia bisa menciptakan sesuatu yang baru, sesuatu yang berbeda dan tentunya sesuatu yang memiliki daya tarik tersendiri.

Namun jika hanya berimajinasi tampa aksi nyata maka kalian tak akan bisa mencip0takan apapun, melainkan hanya buang waktu saja.

Ada 2 jenis imajinasi yang terdapat pada diri seorang manusia yaitu imajinasi sintetis dan imajinasi kreatif.

Perbedaan di antara keduanya terdapat pada fungsi dari masing – masingnya. Imajinasi sintetis menciptakan konsep, ide, gagasan, atau rencana yang sudah pernah ada menjadi sebuah cetusan yang baru.

Imajinasi ini mengarah pada sifat kaku, penuh perhitungan, dna mudah ditebak. Hasilnya, sesuatu yang tercipta ternyata sudah ada sebelum kalian.

Sedangkan imajinasi kreatif merupakan tingkatan lanjut dari imajinasi sintetis, dengan imajinasi kreatif seseorang bisa mengakses jalan menuju intelegasi tanpa batas, seakan mendapat ilham. Hal ini dikarenakan sifatnya yang liar, berisiko, dan antimainstream.

“Berimajinasi juga dapat menjadi suatu solusi dalam menjawab berbagai masalah, hal ini dikarenakan sifatnya yang tak teratur, bebas bergerak ke segala kemungkinan dan sifat ini yang menjadikan imajinasi dapat lebih berpengaruh daripada suatu keilmuan.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh  Albert Einstein, ‘Imagination is more powerful than knowledge’.

“Setiap diri manusia memiliki kemampuan untuk dapat berimajinasi. Namun, tidak semua orang dapat memaksimalkan penggunaan dari kemampuan berimajinasi tersebut .

Begitu banyak tokoh- tokoh dunia, orang-orang berpengaruh, pengusaha sukses, yang menciptakan karyanya dengan kekuatan imajinasi. Sebagai contoh seorang tokoh dunia yang sudah sangat terkenal dalam kancah dunia perkartunan, Walt Disney merupakan orangnya.

Berimajinasi itu sama seperti melakukan aktivitas lainnya, membutuhkan latihan dan latihan untuk meningkatkan dan siap siaga untuk digunakan.

Focus menjadi suatu bagian penting dalam latihan berimajinasi. Karena, banyak orang yang berimajinasi namun tidak menghasilkan suatu apapun.

Sampai ada akalnya rusak karena berimajinasi berlebihan dan tak tentu arah. Karena itu, control focus merupakan kunci utama dalam berimajinasi.

Sehingga, saat kalian sudah bisa focus pada apa yang ingin kalian tuju, akhirnya akal pikiran sebagai ryuang pengetahuan dan imajinasi akan berkolaborasi dalam menciptakan hal yang menkajubkan.

Latihan akan mengasak keterampilan imajinasi yang kemudian dapat vmenciptakan percikan ide menghasilkan suatu kreasi ataupun inovasi yang berbeda bahkan belum terpikirkan oleh yang lain.

 

 

Tag: , , , ,