• by Whost
  • onFebruari 8, 2021
  • 0 Comments

Tips Desain Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Kalian pernah memperhatikan harga tanah di kota kota besar? Pasti harga tersebut sangat mahal kan. Tentu saja harga tanah akan semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring perkembangan zaman dan semakin sedikit lahan yang ada di kota.

Banyak orang yang mengakali permasalahan lahan terbatas dan harga tanah yang mahal dengan cara membeli lahan sempit untuk menekan budget.

Akhirnya, luas bangunan yang bisa dibangun pun terbatas. Tak ada salahnya kalian membeli lahan sempit dan membangun rumah mungil.

Dengan desain rumah mungil yang tepat, ruang – ruang dalam yang sempit dan terbatas tetap bisa terlihat lebih luas.

 

1.Cermin, Warna Cerah, Jendela, dan Tirai besar

Tips Desain Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Pernahkah Anda pergi ke suatu restoran atau pusat perbelanjaan dengan terpasang cermin pada area dinding ruang dalam mereka?

Itu adalah trik yang sengaja digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Kalian juga dapat menerapkan trik semacam ini pada rumah kalian.

Semakin besar cermin yang kalian gunakan, rumah kalian akan terasa jauh lebih luas. Tidak jarang cermin yang dipasang memiliki ukuran yang sama dengan satu bidang dinding sehingga ruang terasa terhubung dengan pantulan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa warna putih dan warna-warna cerah lainnya dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.

Ini karena warna-warna cerah akan membuat interior rumah lebih terang karena cahaya terpantul dengan lebih baik sehingga ruangan terasa lebih lapang.

Keberadaan jendela besar dapat membuat sebuah ruangan terlihat semakin luas. Pasalnya jendela besar yang menghadap ruang luar mampu memberi rasa ruang yang seakan berlanjut ke luar.

Selain itu, jendela besar dapat membuat intensitas cahaya yang masuk ke dalam rumah semakin banyak. Lalu, penggunaan tirai besar membantu memberi kesan langit-langit rumah lebih tinggi sehingga ruangan yang kecil akan terlihat lebih luas secara vertikal.

 

2.Perabotan, Sekat, Pintu, dan Plafon

Perabotan, Sekat, Pintu, dan Plafon

Pastinya Anda pernah melihat satu furnitur dengan beragam fungsi. Contoh dari furnitur multifungsi adalah tempat tidur yang di bawahnya terdapat laci untuk menyimpan barang.

Keberadaan laci inilah yang mampu menghemat ruang dengan menggantikan fungsi lemari, misalnya. Produk-produk multifungsi dapat meringkas jumlah dan ukuran perabotan yang ada di rumah mungil. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Jika Anda memiliki lahan yang sempit, cobalah untuk tak terlalu banyak memberikan sekat atau batasan antara ruangan satu dengan ruangan yang lain.

Dengan tidak adanya sekat antar ruang, rumah Anda akan terlihat jauh lebih luas dan lapang. Atau, jika sebuah ruangan tetap membutuhkan sekat, gunakan partisi dengan celah atau lubang sehingga tetap ada kesinambungan antara ruangan satu dengan ruangan yang lain.

Bentuk desain plafon atau langit-langit rumah juga akan menentukan luas tidaknya sebuah ruangan. Di lahan yang terbatas, cobalah untuk membuat jarak antara lantai dengan langit-langit setinggi mungkin.

Hal ini tentunya akan membuat ruangan menjadi jauh lebih lapang. Dan seperti halnya dinding, penggunaan warna putih atau warna-warna cerah lainnya pada langit-langit rumah Anda dapat memberi kesan ruangan yang lebih luas.

 

Itulah berbagai tips yang bisa kalian gunakan untuk membuat rumah kalian yang tadinya kecil menjaid terlihat lebih luas. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang mencari cara untuk memperluas rumah kalian.

Tag: , , , ,